loading...
SEJARAH, PENGERTIAN, JENIS - JENIS, FUNGSI, DAN FITUR - FITUR MIKROTIK 


A. SEJARAH MIKROTIK
     
     Pada tahun 1996, John dan Arnis memulai sejarah memulai sejarah terciptanya mikrotik dengan sistem Linux dan MS DOS. Mereka mengombinasikannya keduanya dengan teknologi Wireless LAN (W- LAN) Aeronet yang memiliki kecepatan 2Mbps Moldova. Saat keduannya sampai di Latvia, mereka mulai melayani lima pelanggannya. Ambisi mereka adalah membuat perangkat lunak Router yang handal dan bisa disebarkan ke seluruh dunia.
      Linux pertama yang John dan Arnis gunakan adalah versi kenel 2.2. Versi Linux tersebut mereka kembangkan berdua dengan dibantu oleh 5 - 10 orang staf R&D Mikrotk yang kini menguasai dunia routing untuk negara - negara berkembang.
      Pada mulanya, tujuan mikrotik adalah untuk perusahaan jasa layanan internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang memberi servis kepada pelanggannya memakai teknologi Wireless atau Nirkabel. Tujuan utama mereka berdua adalah membangun software untuk routing, sementara kebutuhan perangkat keras juga akan terus berkembang. Sehingga akhirnya mereka membuat berbagai perangkat keras yang berhubungan dengan software yang kemudian dikembangkan oleh mereka berdua. 
      Keahlian Mikrotik terletak di perangkat lunak routernya, karena terlihat mereka berjualan perangkat W-LAN dengan antena omniyang sangat tidak dianjurkan pemakaiannya di dunia W-LAN, karena sangat sensitif terhadap gangguan. Kepopuleran mikrotik akhirnya menyebar juga di tanah air, Indonesia. Mikrotik pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 2001 ke Yogyakarta melalui Citraweb oleh Valens Riyadi dan kawan - kawan.
      Kemudian meluas menjadi satu solusi murah untuk membangun ISP, terutama yang berbasis W-LAN. Kesuksesan Mikrotik me-routing dunia adalah sebuah contoh bahwa semua orang sanggup membantu calon internet user agar dapat masuk ke dunia maya, terutama dalam membangun infrastrukturnya.

B.  PENGERTIAN MIKROTIK
     
      Mikrotik  adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang di buat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, Provider hospot dan warnet. Mikrotik di desain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.


Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Komponen - Komponen dan Jenis - jenis Motherboard Lengkap


C. JENIS - JENIS MIKROTIK

     Mikrotik dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut ;
  1.  Mikrotik Router OS

       
     Mikrotik Router OS merupakan versi mikrotik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat dipasang pada komputer ruamahn (PC) melalui CD. Mikrotik Router OS ialah suatu sistem operasi dan perangkat lunak yang diperuntukkan sebagai network router, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP dan Wireless network. Fitur - fitur terebut diantaranya firewall dan NAT, routing, point to point tunneling protocol, DNS server, DHCP server dan masih banyak lagi.
      Mikrotik Router OS didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan administrasi bila dilakukan melalui Windows Application (Winbox). Kemudahan itu bisa dibuktikan dengan instalasiyang bisa dilakukan pada standar komputer PC (Personal Computer). Mikrotik Router OS ini tersedia dalam berbagai level ( level 3 s/d 6) yang mana setiap levelnya memiliki kemampuan masing - masing. PC akan dijadikan router mikrotik juga tidak memerlukan resources yang cukup besar untuk penggunakan standar. Mikrotik Router OS mampu merubah komputer biasa ''PC'' sebagai router yang handal dan berkualitas.  
    
2. Mikrotik RouterBoard
         
       Mikrotik RouterBoard adalah router embeded produk dari mikrotik yang mana merupakan salah satu jenis mikrotik yang sistem pemakaiannya terdapat hardware agar dapat menjalankan fungsi router mikrotik.Dengan menggunakan Router\Board ini maka bisa menjalankan fungsi router tanpa tergantung pada PC, karena fungsi router sudah ada dalam RouterBoard. RouterBoard ini terintegrasi karena dalam satu board tertanam processor, RAM, ROM, dan memori flash. Nama sistem operasi yang digunakan adalah router OS.
     RouterBoard memakai Router OS yang funsinya sebagai bandwidth management, DHCP, DNS sever, hotspot sever, proxy sever, dan  router jarngan. Daripada PC yang diinstall Router OS, ukuran RouterBoard lebih kecil, lebih kompak dan lebih hemat listrik sebab hanya memakai adaptor.

      Jadi dengan demikian, secara garis besar kelebihan menggunakan RouterBoard adalah sebagai berikut ;
  1. Hemat biaya (dana yang dibutuhkan sekitar 2.5 watt saja).
  2. Instalasi mudah (hanya mengatur router dan jaringan yang bisa digunakan), dan 
  3. Spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi.
      Namun, jika sudah mengetahui kelebihan RouterBoard, masih ada kekurangan didalam RouterBoard antara lain ;
  1. Komponennyajarang ada, saat RouterBoard mengalami kerusakan maka susah untu mencari suku cadangnya.
  2. Terkadang sua Hang, memori yang penuh membuat RouterBoard akan cepat hang.


D. FUNGSI - FUNGSI MIKROTIK

     Adapun fungsi mikrotik adalah sebagai berikut ;
  • Manajemen konesi internet bisa dilakukan secara terpusat serta mempermudah dalam pengelolaannya.
  • Dapat digunakan sebagai billing hotspot server yang mempermudah konfigurasi dan pembagian bandwidth pada jaringan.
  • Dapat digunakan untuk pembuatan PPPoE (Point to Point Protocol over Ethernet).
  • Blocking situs - situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik, sehingga mendukung program pemerintah berupa penggunaan internet positif.
  • Konfigurasi LAN dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan PC Router OS dengan hardware requirements yang sangat mudah.
  • Memisahkan bandwidth traffic internasional, lokal, dan sebagainnya. Dengan adanya bandwidth, semua komputer mendapatkan jaringan yang sama rata tanpa dibeda - bedakan.
  • Menjalankan Wifi.
  • Memasang aplikasi firewall . Dengan adanya aplikasi firewall, anda dapat mengatur siapa saja yang bebas menggunakan jaringan yang anda miliki.
  • Menjalankan VPN (Virtual Private Network), yang mana fungsi PPN dapat menjalankan transaksi online yang lebih aman, membuka situs website yang diblokir oleh ISP dan juga dapat meningkatkan kecepatan internet.
  • Sebagai alat penghubung internet pada komputer yang menggunakan kabel LAN.
     Meskipun sudah ada jaringan wireless, akan tetapi dari segi keamanan dan juga kecepatan akses data lebih unggul menggunakan kabel LAN.

Baca Juga : 60 contoh Soal Produktif Teknik Komputer Jaringan Kelas 11 beserta jawabannya

E. FITUR - FITUR MIKROTIK

     Belakangan ini banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik. Terlebih dunia wireless yang menyajikan berbagai macam pelayanan mulai melirik benda yang satu ini. Berbagai fitur ditawarkan pada mikrotik diantaranya sebagai berikut ;
  • Firewall dan NAT
  • Routing - Static routing
  • Date Rate Management
  • Hotspot
  • Point to Point tunnelig protocol
  • simple tunnel
  • IPsec
  • Web proxy
  • Caching DNS Client
  • DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)
  • Universal Client
  • VRRP (Virtual Router Redundacy Protocol)
  • UPnP (Universal Plug and Play)
  • NTP (Network Time Protocol)
  • Monitoring / Acounting
  • SNMP (Simple Network Management Protocol)
  • MNDP (Mikrotik Neighbors Discovery Protocol)
  • Tools
Mungkin hanya itulah beberapa artikel  mengenai mikrotik yang mungkin bemanfaat bagi anda. Dengan menggunakan mikrotik yang tepat dan benar maka jaringan yang Anda miliki akan semakin stabil. Sekian dulu pembahasan tentang mikrotik kali ini.


Baca Juga : Pengertian Sistem Bilangan, Jenis - Jenis Bilangan dan Konversi Bilangan


Baca Juga : Sejarah, Pengertian, dan Jenis - Jenis Sosial Media Yang Harus Kalian Ketahui


TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG,,,,, SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA.
WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.
Previous Post Next Post