loading...


PENGERTIAN HARDWARE, FUNGSI HARWARE, DAN JENIS - JENIS HARDWARE


A. PENGERTIAN HARDWARE

     Apa itu Hardware? Hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. 
     Pengertian hardware menurut para ahli dalam bidang komputer yaitu :

1. Ali Zaki
    Menurut Ali Zaki, Hardware adalah bagian fisik komputer, termasuk sirkuit digital didalam perangkat komputer.

2. Raya Fahreza

    Menurut Raya Fahreza, pengertian Hardware adalah bagian dari komputer yang bekerja sesuai dengan instruksi software.

3. Sunarto, S.Kom
    Menurut Sunarto, arti Hardware adalah perangkat pendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.

4. Joko Untoro
    Menurut Joko Untoro, pengertian Hardware adalah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

5. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto
    Menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto, pengertian Hardware adalah adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.

6. Rainer
    Menurut Rainer, Hardware adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware berfungsi untuk menerima data / informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang berguna.

7. James O’Brien
    Menurut James O’Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Perangkat keras merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data lebih efektif.

8. R. Wilman dan Riyan
    Menurut R. Wilman dan Riyan, definisi hardware adalah serangkaian peranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang berfungsi terkait piranti-piranti menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

B. FUNGSI HARWARE

     Apa fungsi hardware dalam komputer? Fungsi hardware adalah sebagai berikut ini :

1. Untuk menerima input
    Hardware tertentu mempunyai fungsi khusus yaitu untuk menerima input yang dilakukan user. Nantinya inputan tersebut akan diproses menjadi informasi tertentu.

2. Untuk mengolah data atau informasi
    Sesudah menerima masukan atau inputan, beberapa hardware mempunyai fungsi untuk memproses atau mengolah inputan mejadi informasi baru.

3. Untuk memberikan Output
    Sesudah diproses, hardware tertentu akan memberikan keluaran atau output kepada user. Setiap keluaran/ output yang dilihat user akan ditampilkan lewat hardware khusus.

4. Untuk menyimpan data atau informasi
    Output yang dihasilkan komputer bisa disimpan pada perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware yang berfungsi untuk menyimpan data tidak hanya terpasang pada komputer saja, akan tetapi ada juga yang terpasang di luar.

C. JENIS - JENIS HARDWARE

     Jenis - jenis Hardware berdasarkan fungsinya :

1. Input Device / Perangkat Masukan
    Perangkat masukan yaitu perangkat keras yang fungsinya untuk memasukan data-data pada komputer, data yang di masukan dapat berupa teks, gambar, audio, dan video. Contoh perangkat masukan misalnya seperti mouse, keyboard, scanner, webcam, microphone, dan sebagainya.

2. Process Device / Perangkat Pemerosesan
    Perangkat pemerosesan digunakan untuk memproses atau mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini dapat dikatakan juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data-data yang dimasukan. Contoh perangkat pemerosesan yaitu CPU (Central Processing Unit), VGA, RAM, dan sebagainya.

3. Output Device / Perangkat Keluaran
    Perangkat keluaran yaitu perangkat yang fungsinya untuk menampung dan menghasilkan data-data lalu dikeluarkan melalui perangkat lain. Misalnya data yang dikeluarkan dalam bentuk teks, gambar, audio maupun video. Contoh perangkat keluaran misalnya seperti monitor, proyektor, printer, dan sebagainya.

4. Storage / Unit Penyimpanan
    Unit Penyimpanan yaitu komponen untuk menyimpan data atau informasi pada komputer. Salah satu contoh unit penyimpanan yaitu harddisk. Harddisk yaitu suatu hardware yang fungsinya sebagai unit penyimpanan data pada komputer, harddisk termasuk kedalam tempat penyimpanan sekunder pada komputer. Saat ini harddisk tidak hanya terpasang di bagian dalam komputer saja, tapi ada juga yang di pasang di luar komputer atau yang lebih di kenal dengan sebutan harddisk eksternal.

5. Peripheral / Perangkat Tambahan
    Perangkat tambahan yaitu suatu perangkat yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan intruksi atau perintah pengguna. Salah satu contoh perangkat tambahan yaitu modem. Modem merupakan perangkat keras yang fungsinya sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat menghubungkan sebuah komputer ke jaringan internet.

D. MACAM - MACAM HARDWARE PADA KOMPUTER

Di bawah ini beberapa contoh hardware pada komputer berdasarkan jeni-jenisnya.

1. Pada Input Device
    Seperti telah dijelaskan diatas, Input Device yaitu perangkat keras yang fungsinya untuk memasukan data - data pada komputer, data yang di masukan dapat berupa teks, gambar, audio, dan video, contohnya:

a. Keyboard


    Keyboard merupakan hardware yang bentuknya seperti papan dan memiliki berbagai macam tombol, yang fungsinya untuk memasukkan huruf, angkat, ataupun simbol yang di inginkan oleh pengguna komputer.



b. Mouse
     

     Mouse merupakan hardware yang berfungsi untuk menggerakan kursor/pointer pada layar komputer sehingga dapat memudahkan untuk memilih menu-menu yang ada pada komputer, melakukan proses dan mengedit data.


c. Scanner
    
     Scanner merupakan hardware yang berfungsi untuk menduplikat objek (seperti gambar, catatan dll) kedalam bentuk digital. Masih ada contoh dari perangkat masukan, misalnya seperti joystick untuk bermain game, webcam, dan sebagainya.


2. Pada Process Device
    Seperti yang telah dijelaskan diatas, perangkat pemerosesan digunakan untuk memproses atau mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini dapat dikatakan juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data-data yang dimasukan, contohnya:

   
      Processor sering di sebut sebagai otak dari suatu komputer yang dapat mengontrol berbagai proses pada suatu komputer. Processor dapat menjalankan intruksi, pengolahan, perhitungan, maupun dapat menjalankan perintah input dan output.



b. VGA
   
 VGA atau Video Graphics Accelerator yaitu perangkat keras pada komputer yang fungsinya untuk memproses atau mengolah grafis, lalu hasil prosesnya akan ditampilkan pada monitor.



    RAM / Random Access Memory yaitu perangkat keras yang fungsinya untuk penyimpanan data sementara pada komputer. RAM akan menyimpan dan menyuplai data yang di perlukan oleh CPU/Processor untuk di olah menjadi informasi. Masih ada contoh dari perangkat pemerosesan, misalnya seperti power supply, LAN card, dan sebagainya.

3. Contoh Pada Output Device
    Perangkat keluaran yaitu perangkat yang fungsinya untuk menampung dan menghasilkan data-data lalu dikeluarkan melalui perangkat lain. Misalnya data yang dikeluarkan dalam bentuk teks, gambar, audio maupun video, contohnya:

a. Monitor

  
      Monitor dapat dikatakan sebagai perangkat keras berbentuk layar untuk menampilkan hasil pemerosesan data-data dalam berbagai bentuk, misalnya dalam bentuk teks, gambar dan video. Monitor juga memiliki berbagai macam ukuran layaknya seperti televisi.



b. Proyektor
    
      Proyektor yaitu suatu alat optik yang fungsinya untuk menampilkan gambar hasil pemerosesan, pada bidang datar (Layar proyeksi, atau permukaan datar lainnya). Gambar tersebut dapat berupa gambar, video, teks dan sebagainya.


c. Printer


    Printer berfungsi untuk mencetak data atau informasi hasil pengolahan komputer, umumnya data (teks, gambar, grafik, dll) tersebut dicetak pada media kertas. Masih ada contoh dari perangkat keluaran, misalnya seperti speaker dan headset.




4. Pada Storage

    Unit Penyimpanan yaitu komponen untuk menyimpan data atau informasi pada komputer, contohnya:

a. Harddisk
   
    Harddisk yaitu hardware yang fungsinya sebagai unit penyimpanan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Harddisk termasuk kedalam tempat penyimpanan sekunder pada komputer. Saat ini harddisk tidak hanya ada di dalam komputer saja tapi ada juga harddisk yang potrable atau yang dikenal dengan sebutan harddisk eksternal.

b. Flashdisk


    Flashdisk merupakan alat penyimpanan data pada komputer, Flashdisk memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Umumnya Flashdisk memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibandingkan dengan harddisk tapi seiring berkembangnya teknologi penyimpanan Flashdisk-pun semakin besar. Umumnya Flashdisk hanya di gunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.


c. Optical Disk

   Merupakan media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).



5. Pada Periferal
    Perangkat tambahan yaitu suatu perangkat yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan intruksi atau perintah pengguna, contohnya:

a. Modem

    Modem merupakan perangkat keras yang fungsinya sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Dengan modem maka komputer dapat terhubung ke internet.



b. TV Tuner

    TV Tuner merupakan perangkat tambahan yang dapat memungkinkan sebuah komputer dapat menerima sinyal televisi. Maka dengan TV Tuner komputer dapat menayangkan siaran TV dari stasiun-stasiun televisi.



     Mungkin hanya itulah pembahasan mengenai Perangkat Keras (Hardware) yang mungkin dapat bemanfaat bagi kalian. Dengan mengetahui lebih dalam mengenai Hardware semoga dapat menambah pengetahuan kalian. Sekian dulu pembahasan kali ini.




TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG,,,,,
WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


Previous Post Next Post