Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh...

     Hallo sahabat blogger dikesempatan kali ini kita akan sedikit membahas mengenai Bandwith dan Throughput pada jaringan internet. Apasih Bandwith dan Throughput itu? dan dalam jaringan itu menggunakan berapa Bandwith dan Throughput? Disini kita akan membahas mengenai hal tersebut, oke langsung saja kalian simak pembahasan berikut :

A. Pengertian Bandwith dan Throughput




1. Pengertian Bandwith

    Bandwith adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam waktu tertentu. Bandwith dapat dipakai untuk mengukur baik aliran data analog maupun aliran data digital. Pada sebuah jaringan komputer bandwith terbagi menjadi 2 yaitu Bandwith  Digital dan Bandwith Analog.


  • Bandwith Digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik) yang dapat dikirimkan melalui saluran komunikasi tanpa adanya distansi.
  • Bandwith Analog merupakan kapasitas frekuensi yang tertinggi dimana bandwith ini dapat menentukan banyaknya informasi data yang ditransmisikan dalam suatu saat. Bandwith ini sangat banyak digunakan oleh penyedia jasa internet (ISP) dinegara kita.



2. Pengertian Throughput
    Throughput adalah bandwith yang aktual yang diukur dengan satuan waktu tertentu yang menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload atau mentransfer suatu file.
     Jadi intinya atau gambarannya Bandwith ibarat sebuah jalan raya dan Throughput ibarat sebuah kendaraannya, semakin besar Bandwith (jalan) nya maka semakin banyak juga Throughput (kendaraan) yang bisa ada didalamnya, sebaliknya semakin kecil.
     Bandwith (jalan) nya maka semakin sedikit pula Throughput (kendaraan) yang bisa ada didalamnya dan cenderung lebih lambat (lemot).

B. Cara mengukur Bandwith
    Jika misalnya bandwith anda adalah 64 kbps, kemudian anda mau mendownload file di internet dengan ukuran 128 kbps, maka file tersebut sudah sampai di komputer anda dalam waktu hanya 2 detik (128/64), namun file tersebut tiba dalam waktu 8 detik. Jadi throughputnya adalah 128 kb/8 detik = 16 kbps.
Faktor - faktor yang mempengaruhi Bandwith dan Throughput :
1). Piranti jaringan
2). Tipe data yang ditransfer
3). Topologi jaringan
4). Banyaknya pengguna jaringan
5). Spesifikasi komputer client/user
6). Spesifikasi komputer server
7). Induksi listrik dan cuaca

C. Kebutuhan Bandwith dalam Jaringan
     Kebutuhan atas bandwith dari suatu jaringan ke jaringan lainnya bisa bervariasi. Sangat penting menentukan berapa banyak bit per detik yang melintasi jaringan dan jumlah bandwith yang digunakan tiap - tiap aplikasi agar bisa bekerja cepat dan fungsional.
     Bandwith untuk jaringan adalah salah satu faktor penting dalam merancang dan memelihara LAN atau WAN yang baik. Bandwith adalah salah satu dari elemen-elemen desain jaringan yang biasanya dioptimalkan dengan cara terbaik dengan mengkonfigurasikan jaringan jaringan secara benar dari terminal luar. Bandwith mengacu pada data rate yang didukung oleh koneksi jaringan yang terhubung ke jaringan.
    Bandwith biasanya diapresiasikan dalam istilah bit per sekon (bps), atau kadang kala byte per sekon (Bps). Bandwith jaringan mewakili kapasitas koneksi jaringan, walaupun penting untuk memahami beda antara throughput secara teoritis dan hasil nyatanya. Misalnya, jaringan Ethernet gigabit 1000 BASE-T (yang menggunakan kabel UTP - unshielded twisted - pair) secara teoritis mendukung 1,000 megabit per sekon (Mbit/s), tapi level ini tidak pernah bisa dicapai dalam prakteknya karena perangkat keras dan sistem perangkat lunak yang digunakannya . Inilah yang menjadi tantangan dalam menghitung bandwith.
Langkah - langkah menghitung bandwith jaringan :
1. Menentukan jumlah perangkat jaringan yang ada.
2. Menentukan penggunaan rata - rata aplikasi tertentu.

Contoh soal :
     Misalkan, kita akan menghitung kebutuhan bandwidth untuk laboratorium komputer
pertama, kelompokkan dulu penggunanya.

  • Pengguna RINGAN adalah pengguna yang menggunakan Internet misalnya untuk email atau browsing yang memakai 50 kbps.
  • Pengguna SEDANG adalah pengguna yang menggunakan Internet misal untuk administrasi sistem informasi, akses sistem berbasis cloud, file gambar/video tetapi pengirimannya per-batch, unduh rutin file, dll yang memakai 80 kbps
  • Pengguna BERAT adalah pengguna yang menggunakan Internet rutin untuk file Besar dan Real Time misal CCTV, video conference, gambar resolusi tinggi, sistem telepon VoIP, layanan TV online, desktop sharing, dll memakai 120 kbps.

     Lab. Komputer biasanya untuk kegiatan Telepon VoIP, desktop sharing, dll. Nah, berarti rata - rata kita menggunakana 120 Kbps, berikutnya, ditentukan penggunanya, misalkan ada 20 komputer di lab.

Rumus :
Bandwith yang dibutuhkan = jumlah Perangkat jaringan (User) x batas bandwidth dalam satu perangkat.

Jadi hasilnya :
120 kbps x 20 = 2400 kbps, maka bandwith yang dibutuhkan lab. komputer tersebut adalah 2,4 Mbps.

Mungkin sekian pembahasan mengenai Bandwith dan Throughput kali ini semoga penjelasan ini dapat membantu kalian semua, kalo ada kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan ya,,, terimakasih dan sampai bertemu dipembahasan berikutnya.

Baca Juga :

loading...

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Post a Comment

Previous Post Next Post