loading...

PENGERTIAN SOFTWARE, JENIS - JENIS, FUNGSI, DAN CONTOH SOFWARE PADA KOMPUTER


A. PENGERTIAN SOFTWARE

     Mungkin kalian pernah mendengar tentang apa itu software, akan tetapi mungkin diantara kalian ada yang belum mengetahui tentang apasih software itu? Secara Umum Software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak mempunyai wujud fisik dan juga tidak terlihat karena software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer dalam bentuk program yang dapat menjalankan suatu perintah. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa software adalah suatu data yang diprogram, diformat, dan disave/disimpan dengan digital, tidak memiliki fisik tetapi dapat dioperasikan/digunakan oleh user/penggunanya melalui perangkat komputer.


     Software memiliki peranan yang cukup penting pada komputer, karena dengan adanya software maka hardware dapat digerakkan atau dikontrol dengan baik. Software dibuat menggunakan bahasa pemrogaman yang diciptakan dan dibuat oleh programmer yang kemudian dikompilasi oleh sebuah aplikasi bernama kompiler agar menjadi sebuah kode yang dapat dikenali oleh hardware.

B. MACAM - MACAM SOFTWARE PADA KOMPUTER

1. Freeware
   Freeware adalah sebuah perangkat lunak gratis yang bisa digunakan tanpa adanya batas waktu, pada umumnya freeware ini disumbangkan kepada beberapa komunitas, tetapi freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol dalam pengembangan pada software selanjutnya. Namun, jika software pembuat/pengembang berhenti untuk mengelola/mengembangkan produk tersebut ke freeware lain ataupun mengumumkan freeware tersebut agar dapat dikembangkan bersama-sama, maka freeware tersebut akan memberi kode sumbernya.

2. Shareware
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang izin uji cobanya diberikan secara gratis tetapi dengan fitur yang terbatas seperti misalnya kapasitas ketersediaan, fungsi, serta kenyamanan dalam menggunakan software yang tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan software tersebut sebagai strategi marketing dalam pengembangan aplikasi shareware itu sendiri. Shareware ini sering disebut juga Trialware.

3. Firmware
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang terletak pada ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat berubah walaupun sudah tidak dialiri oleh listrik, serta tempat penyimpanannya pun tidak dapat diubah di ROM namun, tetap bisa untuk dimodifikasi tetapi tergantung dari jenis ROMnya. Semua itu masih dapat diubah sesuai dengan kebutuhannya.

4. Commercial software
    Merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersil yang dapat dibeli kepada para pengembang software, pendistribusi dan kepada rekan-rekan sesama pengembang software. Tetapi syaratnya, pengguna software ini tidak dapat menyebarluaskan software tersebut atau membagi ulang softwarenya kepada pihak lain secara gratis atau tanpa izin pengembangnya.
5. Perangkat Lunak / Free Software
    Merupakan sebuah sofware yang dapat diutak atik dengan bebas dan dapat digunakan, disalin, diubah serta dimodifikasi dengan beberapa ketentuan/persyaratan yang bisa dipakai kembali oleh user/pengguna selanjutnya. Setiap orang yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat memperdagangkan serta mengambil laba dari pendistribusian dan modifikasi kode sumbernya. Selain itu, software ini juga bisa disebarluaskan secara free / gratis.

6. Open source software
    Merupakan sebuah software yang kode sumbernya dapat diteliti, dirubah, ditingkatkan, dan juga disebarluaskan. Karena sifat dari software yang satu ini open source/terbuka, sehingga pengembangan software yang dilakukan oleh suatu komunitas atau kelompok terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak dengan sumber terbuka.

7. Malware
    Malware adalah Salah satu software/perangkat lunak yang dibuat untuk merusak sistem pada komputer dan jaringan komputer tetapi tanpa izin dari pemiliknya. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer, jenis-jenis perangkat yang terdapat pada virus komputer ini yaitu kuda troya, perangkat iklan, cacing komputer, rootkit, dan perangkat lunak jahat lainnya.

C. FUNGSI SOFTWARE

     Pada dasarnya fungsi utama software adalah untuk membuat sebuah komputer dapat menjalankan perintah dari user. Akan tetapi, software juga mempunyai beberapa fungsi lain antara lain :
• Menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang yang dibagi lagi menjadi sistem operasi atau hanya sistem pendukung.
• Mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja dengan lebih stabil.
• Sebagai penghubung antara software yang lain dengan hardware.
• Sebagai penerjemah software lain dalam instruksi/perintah ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima dan dibaca oleh hardware.
• Sebagai pengidentifikasi program.

D. CONTOH - CONTOH SOFTWARE PADA KOMPUTER

     Adapun beberapa contoh sofware pada komputer antara lain :

• Google chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet)
• Chrome (fungsinya untuk masuk ke jaringan online).
• Microsoft office word (fungsinya untuk mengedit atau membuat sebuah dokumen yang kebanyakan berisi gambar dan kata).
• Microsoft office powerpoint (fungsinya untuk membuat file presentasi, membuat video, mengedit foto, dan lain-lain).
• Microsoft excell (fungsinya untuk membuat tabel perhitungan keuangan di bidang akuntan).
• Format factory (fungsinya untuk mengubah format pada foto, video atau musik/lagu).
• VCL media player (fungsinya untuk memutar video/film).
• Faststone capture (fungsinya untuk mengubah, mengedit, atau memotong gambar).
• Coreldraw (fungsinya untuk membuat, mengedit dan membuat gambar).
• Opera mini (fungsinya untuk masuk ke jaringan online/jaringan internet).
• Java (fungsinya untuk mencari aplikasi atau game).
• Smadav (fungsinya untuk membersihkan atau menghapus data yang tidak perlu).
• Blender 3D (fungsinya untuk membuat desain animasi 2D ataupun 3D di komputer).

    Mungkin hanya itu, sedikit pembahasan mengenai Software (Perangkat lunak) yang mungkin nantinya akan bemanfaat sekaligus dapat menambah pengetahuan kalian. Sekian dulu pembahasan kali ini. Terima Kasih... dan Sampai Jumpa Lagi.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Previous Post Next Post